Amazon Go Project



Amazon Go - Swalayan tanpa seorang kasir. Project ini dikembangkan oleh Amazon pada tahun 2015 dan mulai beroperasi pada tahun 2018. Mereka menggabungkan teknologi Machine Learning, Computer Vision, Deep Learning Algorithm dan Sensor Fusion yang diharapkan mampu untuk menghilangkan sistem antri pada kasir. Mereka menyebutnya dengan "Just Walk Out Technology".

Cara kerja dari Amazon Go adalah ketika seorang customer sedang ingin berbelanja di Amazon Go, mereka harus menginstall aplikasi Amazon Go terlebih dahulu yang akan terhubung pada akun Amazon mereka. Setelah itu, mereka hanya perlu menempelkan barcode pada mesin pemindai yang ada pada toko Amazon Go dan bisa langsung berbelanja.

Amazon Go bisa mendeteksi setiap barang yang dibeli oleh para customer. Misalkan si customer hendak membeli sebuah barang, akan tetapi tidak jadi membelinya, sistem di Amazon Go langsung melakukan update secara real time pada barang yang dikembalikan pada customer tersebut.

Salah satu keunggulan dari sistem tersebut adalah barang-barang yang ada pada toko tersebut tidak bisa dicuri. Sistem akan langsung mendeteksi barang yang akan diambil oleh pembeli sebagai barang yang dibeli.

Amazon Go Project membutuhkan sekitar lebih dari 1 juta US dollar hanya untuk kebutuhan hardware-nya saja pada 1 lokasi. Menurut saya, untuk keseluruhan project membutuhkan sekitar 2 juta US dollar.

Terima Kasih.

Referensi:
https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-09-20/amazon-could-spend-3-billion-on-go-stores-analyst-says
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180122110047-185-270627/amazon-go-toko-kelontong-masa-depan-tanpa-kasir?


Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Biaya

Kalau kita merasa bingung

Download Anime Slam Dunk Sub Indo